Kamis, 01 Desember 2011

Pengertian dan Cara Kerja Web Browser


Apa yang Dimaksud Web Browser? Dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Wikipedia mendefinisikan Web browser sebagai aplikasi perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan dan berinteraksi dengan teks, gambar, dan informasi lainnya biasanya terletak pada halaman Web di situs web di World Wide Web atau jaringan area lokal.
Struktur sebuah halaman web sebenarnya tidak seperti ditampilkan dalam browser Web. Sebuah halaman web yang ditulis dalam bentuk kode dalam HTML, PHP atau bahasa lainnya. Web browser ini mendapatkan informasi dan format ke dalam display yang biasa kita lihat ketika kita mengunjungi sebuah halaman web.
Karena perbedaan yang melekat dalam browser halaman yang ditampilkan akan terlihat sedikit berbeda di browser yang berbeda.
Jika Anda ingin melihat bagaimana halaman Web sebenarnya ditulis, melakukan klik kanan dan pilih ‘view source’. Anda akan melihat kekacauan perintah dan teks yang tidak masuk akal sama sekali. Browser mengubah kekacauan ini menjadi tampilan dimengerti.
Seperti kebanyakan orang, Anda mungkin telah menggunakan salah satu atau dua browser web. Tapi ada banyak dari mereka yang tersedia. Internet Explorer adalah browser yang paling umum digunakan oleh kebanyakan orang. web browser lainnya adalah Mozilla Firefox, Safari, Opera, dan Netscape.
Meskipun browser biasanya digunakan untuk mengakses World Wide Web, mereka juga dapat digunakan untuk mengakses informasi yang disediakan oleh server Web di jaringan pribadi. Mereka juga dapat digunakan untuk mengakses konten dalam sistem file seperti ebooks dll
Web browser berkomunikasi dengan server Web terutama menggunakan HTTP (hypertext transfer protocol) untuk mengambil halaman Web. HTTP memungkinkan Web browser untuk mengirimkan informasi kepada Web server serta mengambil halaman Web dari mereka.
halaman Web yang terletak dengan URL (uniform resource locator) yang diperlakukan sebagai alamat, dimulai dengan akses http:for HTTP. Banyak browser juga mendukung berbagai protokol lainnya, seperti ftp:for FTP (file transfer protocol), rtsp: untuk RTSP (real-time streaming protokol-protokol A untuk digunakan dalam sistem streaming media), dan https: untuk HTTPS (sebuah terenkripsi SSL versi HTTP yang digunakan untuk menunjukkan koneksi HTTP aman).
Selain HTML, PHP dan bahasa lain, browser Web juga mendukung berbagai format gambar seperti JPEG, PNG, dan GIF. Kombinasi jenis konten dan spesifikasi HTTP protokol URL memungkinkan halaman web desainer untuk menanamkan gambar, animasi, suara video, dan media streaming ke dalam halaman Web, atau untuk membuat mereka dapat diakses melalui halaman Web.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar